Partisi di Windows 7 Tidak Kebaca di Windows XP

Tulisan Partisi di Windows 7 Tidak Kebaca di Windows XP dibuat agar kejadian yang menimpa dua sohib saya terjadi pada sohib2 yang lain. Kejadian yang menimpa sohib saya keduanya hamir mirip. Sohib saya menggunakan laptop dengan OS Windows 7, windows 7 sudah termasuk dalam paket pembelian laptopnya. Hardisk oleh penjual laptop dibagi menjadi 3 partisi, 1 partisi untuk sistem dan dua lagi untuk data. Untuk jaga-jaga kalau ada error pada sistem, sohib saya tidak pernah menyimpan data pada drive C dimana diletakan sistem, jadi meletakan data pada partisi buat data.
Tiga hari yang lalu tiba-tiba laptopnya ngadat, tidak bisa masuk ke windows. Karena sohib ngerti sedikit tentang komputer, dia coba menginstall sendiri. Dia bermaksud melakukan downgrade ke Windows XP, dengan alasan ada program yang ga bisa jalan di Windows 7 dan bisanya di Windows XP.  Tapi apa yang terjadi pada saat install Windows XP, partisi yang tadinya ada 3 cuma kebaca 1 (Partisi di Windows 7 Tidak Kebaca di Windows XP). Dia bingung, kaget dan khawatir datanya akan hilang. Apalagi banyak data hasil kerjaan dan program yang tidak ada backupnya.
Sebenernya sohib saya itu ngga usah bingung, kaget dan khawatir karena partisi hardisknya cuma kebaca 1 padahal tadinya ada 3. Karena sebenarnya partisian yang sebelumnya ada 3 masih bisa kebaca, asalkan dibaca lagi pada sistem Windows 7. Karena sohib saya mau downgrade, jadi ya caranya jadi rada ribet. Mau ngga mau mesti backup data ke hardisk yang lain dan dibukanya lewat Windows 7. Baru deh bisa di install Windows XP, karena kalau tidak ya data hilang dah.
Rupanya toko penjual laptop yang kebanyakan sekarang mempartisi hardisk lewat windows 7, karena memang lebih praktis dan cepaet. Kalau sohib sekalian tidak mau dibuat ribet apabila ingin downgrade ke Windows Xp dari Windows 7, dengan mesti backup data dulu, yang belum tentu sohib punya hardisk yang lain yang kapasitasnya uckup buat backup data. Sohib pada saat membeli laptop, bilang pada penjualnya minta dipartisi di dos jangan dipartisi di Windosw 7 karena tidak kebaca di Windows XP atau dos.
Apakah itu kelemahan dari partisi di Windows 7, atau pihak Microsof sengaja menganggap yang memakai Windows 7 tidak memerlukan lagi Windows XP sehingga Partisi di Windows 7 Tidak Kebaca di Windows XP.
Demikian postinya Partisi di Windows 7 Tidak Kebaca di Windows XP mudah-mudahan bermanfaat. Bila sohib sekalian ada yang punya solusi agar Partisi di Windows 7 jadi kebaca di Windows XP atau Dos pada saat mau downgrade dari Windows 7 ke Windows XP.

1 komentar:

Madhek Blog mengatakan...

Nice Blog ... nice article

Posting Komentar