Cara Mengembalikan Resolusi Monitor


Seperti biasa ide buat postingan karena ada teman yang bertanya Cara Mengembalikan Resolusi Monitor. Karena keperluan sebuah program untuk nge-flash handphone yang membutuhkan resolusi yang besar, dia merubah resolusi monitornya ke yang lebih besar karena tampilan program nya tidak muat di layar monitor.

Tapi apa yang terjadi tampilan monitornya menjadi beriak-riak, seperti nonton televisi lagi gangguan. Dan bahkan saya sendiri pernah mengalaminya jadi blank sama sekali. Itu terjadi karena monitor tidak kuat untuk menerima resoulsi yang terlalu tinggi.
Teman saya kebingungan untuk merubah ke resolusi semula, karena tampilan di layar monitor tidak terlihat.
Berbekal pengalaman yang saya peroleh tentang Cara Mengembalikan Resolusi Monitor, begini langkahnya:

  1. Restart komputer anda
  2. Tekan-tekan beberapa kali tombol F5 atau F8 sampai muncul menu pilihan untuk booting windows
  3. Pilih Enable VGA Mode lalu tekan enter, sedangkan Cara Mengembalikan Resolusi Monitor untuk windows 7 pilih enable low-resolution video (640 - 480)
  4. Maka windows akan loading seperti biasa tetapi resolusi monitor akan berubah ke resoulsi terkecil 800 x 600 (biasanya tampilan icon pada desktop akan tampak lebih besar)
  5. Jika sudah bisa melihat tampilan desktop, rubahlah resolusi monitor sesuai dengan kemampuan dari monitornya sendiri (atau terakhir kali berjalan) 
  6. Tinggal restart komputer, beres deh
Sebelum menggunakan cara di atas untuk Cara Mengembalikan Resolusi Monitor, saya pernah memakai cara hampir sama dengan di atas. Restart, tekan F5 atau F8 tapi pilih booting pada safe mode, lalu uninstall deh driver vga nya. Tapi ribet dan menemukan cara yang lebih baik.

Semoga postingan Cara Mengembalikan Resolusi Monitor ini dapat bermanfaat
Cara Mengembalikan Resolusi Monitor

1 komentar:

Bintang Planet Motor mengatakan...

Cara mengembalikan tampilan layar ke semula gimana? yg tau kasih saran nya dong.

Posting Komentar